Quotes Indie

If you think you’re a fan, then you are a fan.
Don't you give up, don't you mess up..because I won't.

You have to get up, and try, try, and try...

Business Plan | Rencana Bisnis (PART 1)

Faktanya, 90% orang gagal dalam membangun bisnis online karena tidak menguasai ilmunya dan tidak memiliki rencana bisnis.

Membuat rencana bisnis diibaratkan membuat blue print untuk membangun rumah.

Bisnis plan pada umumnya terdiri dari:
  • Tujuan bisnis
  • Strategi yang digunakan untuk mencapainya
  • Potential problem (yang kira-kira akan dihadapi)
  • Struktur organisasi
  • Modal
  • Bagaimanan mempertahankan agar berhasil memproduksi di atas titik impas (break even point)



Rencana bisnis yang akan gue bahas adalah untuk bisnis online.
Langkah-langkah membuat rencana bisnis adalah sebagai berikut:
  1. Membuat content (artikel, forum, news, post dll) atau offering (penawaran suatu produk/jasa, baik itu produk sendiri tau produk orang lain)
  2. Menampilkan content atau offering di website (di website anda sendiri/ website milik orang lain dengan cara tertentu sehingga sasaran yang diinginkan tercapai. Sasaran bisa jadi adalah membuat visitor klik iklan anda atau membeli produk yang anda tawarkan)
  3. Mendatangkan visitor/pengunjung ke website dengan berbagai strategi traffic generation
Setelah menentukan topik untuk website yang akan dibangun, langkah selanjutnya adalah merencanakan pengelolaan bisnis online anda.
Business online plan:
  1. Business Summary: membuat blog review yang menampilkan prodik-produk best seller di Amazon dengan menggunakan layanan gratis Blogspot untuk mendapat dollar dari Adsense dan Amazon.
  2. Competition analysis: Saat ini website produk review yang ada lebih banyak berisi text dan pictures yang kecil dan tidak terlalu banyak.
  3. USP(Unique Selling Proposition): website akan menampilkan lebih banyak gambar yang besar dari setiap produk yang di review.
  4. Website Development Plan: website dibangun dengan Blogspot yang merupakan layanan online gratis. Tidak perlu membeli hosting dan domain lagi. (Bisa juga memakai Wordpress, Multiply dll)
  5. Content Development Plan: contohnya, setiap hari Minggu dibuat 10 produk review yang diambil dari katalog Amazon dalam rangka memasarkan produk Amazon. produk tersebut dijadwalkan untuk tampil setiap hari Senin sampai hari Minggu.
  6. Traffic Generation Plan: Traffic diusahakan dari search engine Google dengan cara memilih 50 keywords terbaik yang terkat dengan topik produk, menempatkan keyword pada setiap judul iklan dari produk yang akan di review, membuat jumlah halaman setiap bulannya antara 40 sampai dengan 50 buah, melakukan on page dan off page optimization.
Hidup ini memang tidak akan jauh dari kata rumus/kunci. 
Nah, rumus sukses dari bisnis online adalah C T P M:
  • Content: Membuat website yang fokus utamanya adalah content/layanan
  • Traffic: Traffic website kita menjadi tinggi karena isi website disukai banyak orang. Mendatangkan pengunjung dengan berbagai cara e-marketing seperti SEO, forum, social network, email.
  • Presell: Pengunjung yang banyak bisa dikonversikan menjadi uang dengan cara melakukan presale (merekomendasikan produk/review/perbandingan)
  • Monetize: Hasil akhirnya website dapat mendatangkan passive income berupa dollar dengan melakukan affiliate marketing seperti pay per click, pay per sale, pay per lead.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

f e a t u r e d

mrshll.property © 2012. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.